restore file yang di hidden virus

Berawal dari keresahan seorang teman yang sedang mengerjakan Penulisan Ilmiah (PI) jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma. Suatu malam dia menelfonku dan memberitahu bahwa komputernya terkena virus, ngga tau nama virusnya yang jelas datanya sudah ngga bisa dibuka trus dia langsung minta tolong biar harddisknya di cek kalo bisa data PI-nya yang udah sampe BAB IV bisa diselamatkan, singkat cerita harddisk itu aku jadikan secondary di kompiku dan aku scan pake Norton Anti Virus 2003 update-an tanggal 11 April 2007. Setelah proses scanning selesai, ternyata bersarang begitu banyak tuan Virus W32 versi C. Dan dari hasil scanning tersebut maka semua virus dapat di fixasi atau di-delete. Namun setelah semua virus kabur, ternyata data aslinya hilang entah kemana, padahal ketika di cek di property folder terbaca ada beberapa file dan ukurannya, dan beratribut read-only.

Untuk langkah selanjutnya saya coba masuk ke tools –> Folder Option –> View –> show hiddden file and Folder. crung… ternyata langkah ini belum berhasil, kemudian aku coba menggunakan software recovery data (Total Commander) dan hasilnyapun belum memenuhi keinginan, kemudian aku coba  ubek-ubek di om google gimana cara menanggulanginya. Di sela-sela pencarianku untuk mengatasi masalah, terlintas pikiran bahwa atribut dari file adalah read-only dan di coba diganti ga bisa-bisa, kemudian saya masuk ke Command promt dan masuk ke direktori yang mau direcovery, kemudian dari sinilah saya ubek-ubek dengan mencari-cari menu apa saja yang ada di command attribut.

Setelah pencarian yang cukup melelahkan kemudian saya cek di folder yang akan direcovery dengan perintah dir, ternyata file nya kosong (tidak ada file). Dan dengan menggunakan command D:\data PI> attrib *.doc ternyata terbaca ada 2 file berformat documen, setelah yakin filenya masih sehat aku ubek-ubek lagi gimana caranya munculin file-nya. ternyata dengan command  D:\data PI> attrib -H -S D:\data PI\BAB I.doc /D /S, crung..munculah file yang aku cari. Untuk mempercepat proses maka command attrib dilakukan di bagian folder saja.

Di atas adalah hanya salah satu cara untuk recovery data yang hilang, setelah share dengan kakak via telepon ternyata beliau juga pernah mengalami yang sama dengan notebooknya. Tapi Beliau menggunakan PC MAV rc14 untuk scanningnya, dan Norton Doctor untuk merecovery datanya.


About this entry