kriteria dimana seseorang disebut mukalaf

Banyak hukum Islam yang mengharuskan atau mewajibkan seorang mukalaf untuk memenuhi atau melakukan hukum yang telah ditegaskan. Untuk itu wajib juga kiranya untuk kita tahu kriteria apa saja yang menggolongkan seseorang disebut sudah mukalaf:

1.    Baligh, secara bahasa baligh berarti sampai. Adapun pengertian baligh berarti ketika masa kanak-kanak seseorang sudah berakhir dan memulai menginjak masa remaja yang sudah wajib melakukan hal-hal yang telah di gariskan oleh Agama. Adapun batasan baligh untuk Laki-laki yaitu apabila ia sudah berumur lima belas tahun atau belum lima belas tahun namun sudah pernah mimpi yang menyebabkan mandi junub ( mengeluarkan sperma  meskipun tanpa disebabkan mimpi)

2.    Berakal, Seorang mukalaf adalah sesorang yang mempunyai kejiwaan yang normal, yaitu yang bisa berinteraksi atau berkomunikasi  dengan orang normal lainnya.

3.    Tidak cacat panca indera (mata dan telinga)

4.    Adanya seorang ulama atau ustadz yang mengajarkan ilmu di daerah dimana dia tinggal. Kiranya kemajuan teknologi dapat mempermudah kita untuk belajar kemanapun yang kita mau.

Dari 4 kriteria di atas, apabila telah terpenuhi pada diri kita, maka wajib hukumnya bagi kita untuk melakukan apa yang telah diperintahkan oleh Agama


About this entry