membuat tftp server di ubuntu

awalnya gw bingung musti gimana ngeback-up configurasi router cisco, yah maklum newbe banget. Tapi biasalah dengan bantuan mbah google akhirnya selesai juga. disini gw mau sedikit sharing hasil oprek2 bikin tftp server di ubuntu. Untuk yang pengen di windows lebih gampang tinggal dunlut, buka port UDP trus start jalan deh. Untuk di ubuntu, buat yang udah biasa maenan linux juga tergolong gampang. untuk langkah pertama install dulu xinetd sebagai aplikasi buat servernya

apt-get install  xinetd tftpd tftp

biz itu bikin file /etc/xinetd.d/tftp dengan script sbb:

{

protocol      = udp

port             = 69

socket_type = dgram

wait              = yes

user             = root

server          = /usr/sbin/in.tftpd

server_args= -s /var/lib/tftpboot

persource   = 11

flag              =IPv4

disable        = no

}

setelah itu  bikin folder tftpboot sesuai dengan deklarasi pada server_args  yg dibikin dalam hal ini pada /var/lib/tftpboot trus buka port untuk baca tulis di tftpboot nya deh…

mkdir  var/lib/tftpboot

chmod -R 777 tftpboot

chown  -R root tftpboot

yang terakhir adalah restart pada /etc/init.d/xinetd

biz itu gw cobain masuk router trus copy konfigurasi nv-RAM (run-conf) punya si router ke tftp server.  jadi deh..


About this entry